SOSIALISASI PEMBENTUKAN RUMAH DATA KEPENDUDUKAN DI KAMPUNG KB KABUPATEN TAPIN

16 Oktober 2022 07:32:22 Admin : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
Editor : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

DPPKB Kab. Tapin - Selasa (11/10) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tapin melalui Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan, dan Penggerakkan (Daldukluhrak) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Permbentukkan Rumah Data Kampung KB di Kabupaten Tapin.


Acara sosialisasi ini dihadiri oleh kader POKJA Kampung KB se-Kabupaten Tapin, Operator Balai Penyuluh KB dan juga PLKB sebagai peserta.

Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan penyampaian sambutan oleh Plh. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten yaitu Hj. Mastika Murni, SE, MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan utama dibentuknya Rumah Data Kependudukan diantaranya adalah meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dan mitra kerja dalam pengelolaan data kependudukan level mikro di kampung KB, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi untuk peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan, meningkatkan sinergitas komponen BKKBN dan mitra kerja dalam penyediaan dan pemanfaatan data untuk intervensi dalam berbagai program Bangga Kencana ataupun sector lainnya serta meningkatkan modal sosial, wahana belajar dan berinteraksi masyarakat melalui media data, modul-modul, buku-buku bacaan dan atau melalui penggunaan jaringan internet di kampung KB. Beliau juga menekankan bahwa fungsi utama Rumah Data Kependudukan sebagai pusat data dan informasi, sebagai pusat intervensi permasalahan kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, serta sebagai pusat integrasi aktivitas kampung KB harus dapat dimaksimalkan

Adapun untuk narasumber, Tim Bidang Daldukluhrak DPPKB Kab. Tapin turut mengundang Sopyan, S.Sos, MA selaku Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk dan Shandy Yuniar Suryono selaku Analis Kerjasama Pendidikan Kependudukan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan.


“Diharapkan dari 24 Kampung KB yang ada di Kabupaten Tapin dapat terbentuk semua untuk Rumah Data Ku. Sementara untuk saat ini di Kabupaten Tapin sudah terbentuk 14 Rumah Data Ku di Kampung KB, dan bisa teregistrasi semua di Aplikasi Rumah Data” ujar Sopyan. (DPPKB, Kab. Tapin)