PELAYANAN KB MKJP GRATIS, HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) KE-31 TINGKAT KAB. TAPIN 2024

20 Agustus 2024 02:48:52 Admin : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
Editor : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

RANTAU, 20 Agustus 2024 Dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana Kab. Tapin pada tanggal 20 agustus 2024 melaksanakan Kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 31 tingkat Kab. Tapin tahun 2024.


Dalam rangkaian acara Harganas ini, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah  pelayanan KB MKJP gratis yang di diberikan kepada akspetor Baru dan Pascasalin menggunakan implant 1 batang yang pemasangan implant tenaga Bidan dari Puskesma Lokpaikat dan Puskesmas Banua Padang dengan jumlah akseptor yang dilayani sebanyak 15 orang yang berasal dari Kecamatan Lokpaikat sebanyak 5 orang, Kecamatan Bungur 5 orang dan Kecamatan Tapin Utara 5 orang.

Kegiatan Pelayanan MKJP ini langsung dikunjungi oleh Pj. Ketua TP PKK Kab. Tapin Masrupah Syarifuddin,  Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov Kalsel Dr. Nyigit Wudi Amini, S.Sos, M.Sc. dan Kepala DPPKB Kab. Tapin Hj. Ahlul Janah, S.pd, M.Sc.


Tujuan pelayanan KB MKJP Pascasalin dan KB Baru adalah dalam rangka menurunkan angka prevalensi stunting, meningkatkan capaian KB Pascasalin dengan target 70% dan juga menjaga jarak kehamilan untuk mencegah terlalu dekat dengan mengatur jarak kehamilan lebih dari 2 tahun dan terlalu sering/banyak anak.