PENILAIAN KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS TAHUN 2023

17 Februari 2023 11:24:22 Admin : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
Editor : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tapin melaksanakan Verifikasi Lapangan dalam rangka Penilaian Kampung Keluarga Berkualitas Tahun 2023, adapun kegiatan Penilaian ini dilaksanakan pada tiga kampung kb di kecamatan yang berbeda yaitu Desa Mekarsari Kecamatan Binuang, Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah dan Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat.

Ada banyak aspek penilaian yang dilakukan pada kampung kb tersebut diantaranya aspek pada bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Bidang Keluarga Berencana, Bidang Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan. Yang mana setiap bidang tersebut memiliki variable penilaian yang berbeda yang terkait dengan program dan kegiatan yang dilaksanakan pada desa kampung keluarga berkualitas.

Dengan adanya penilaian pada kampung kb ini diharapkan meningkatkan program dan kegiatan yang mencakup kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Bangga Kencana serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Prinsipnya Program Bangga Kencana mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.